Friday, November 29, 2013

SI STEBBINS STACK

William Coffrin (a.k.a Si Stebbins)
Beberapa waktu yang lalu, saya sempat memposting sebuah trik kartu yang menggunakan sistem tumpukan Si Stebbins sebagai dasarnya (http://www.blogger.com/2013/02/trik-kartu-super-memory-again.html). Beberapa hari kemudian saya menerima sebuah pertanyaan melalui twitter saya berkaitan dengan trik tersebut dan seputar si stebbins stack. Karena hal tersebut lah, kemudian saya berniat untuk menulis artikel tentang Si Stebbins stack. Jika Anda seorang cardician atau mentalist tetapi Anda tidak mengetahui dan memahami apa itu Si Stebbins Stack, menurut saya itu merupakan satu kerugian. Karena menurut saya, Si Stebbins stack merupakan sebuah sistem tumpukan kartu yang akan sangat membantu Anda dalam melakukan berbagai trik kartu atau pun trik mentalism. Ada berbagai macam variasi permainan yang bisa dikembangkan dan dibuat dengan menggunakan sistem tumpukan ini. 

Si Stebbins Stack merupakan sistem tumpukan kartu yang pertama kali dipublikasikan di US sekitar tahun 1898 oleh William Coffrin (a.k.a Si Stebbins) di sebuah booklet berjudul "Si Stebbins Card Tricks and the Way He Performs Them" dan juga ada di edisi selanjutnya yang berjudul "Card Tricks and the Way They are Performed". Dalam buku yang berjudul "Stebbins Legacy for Magicians" pada tahun 1935, Si Stebbins stack diakui dipelejari dari sistem tumpukan yang dibuat oleh magician asal Spanyol atau Suriah bernama Salem Cid. 


Sistem tumpukan Si Stebbins ini memiliki susunan yang tiada berujung layaknya sebuah lingkaran. Susunannya selalu berputar dan selalu berkesinambungan. Tumpukannya bisa Anda potong tumpuk berapa kalipun Anda mau dan susunannya pun tidak akan rusak atau berubah, asalkan Anda tidak mengacak tumpukannya dengan teknik shuffle lain seperti overhand shuffle, hindu shuffle, riffle shuffle, faro shuffle, dsb yang lebih random cara mengacaknya. 

Sistem tumpukan Si Stebbins ini menggunakan satu pak kartu normal tanpa joker (52 kartu). Urutan nilai (value) satu kartu dengan kartu selanjutnya atau kartu sebelumnya dalam satu tumpukan selalu berselisih 3. Misalnya, setelah kartu 6 maka kartu selanjutnya adalah 9 (6+3=9), kemudian kartu selanjutnya adalah Queen (9+3=12, 12 = Queen), dan apabila dijumlahkan dengan 3 hasilnya melebihi 13 atau kartu King, maka ulangi lagi hitungan dari 1 atau kartu As. Misalkan setelah kartu Queen, maka kartu selanjutnya adalah 2. Karena Queen = 12, jika ditambah 3 maka hasilnya 15, dan 15 sudah 2 angka melebihi 13 (King) maka kartu selanjutnya adalah 2. Kemudian urutan simbol dalam Si Stebbins stack juga selalu berputar dimulai dari Keriting, Hati, Sekop, dan Wajik. Atau dalam Bahasa Inggris biasa disingkat dengan CHaSeD, yang berarti Club (Keriting), Heart (Hati), Spade (Sekop), dan Diamond (Wajik). Misalnya 3 Keriting, 6 Hati, 9 Sekop, Queen Wajik, 2 Keriting, 5 Hati, dst... Berikut adalah contoh susunan satu tumpukan SI STEBBINS STACK :
Face down (atas) ... AK, 4H, 7S, 10W, KK, 3H, 6S, 9W, QK, 2H, 5S, 8W, JK, AH, 4S, 7W, 10K, KH, 3S, 6W, 9K, QH, 2S, 5W, 8K, JH, AS, 4W, 7K, 10H, KS, 3W, 6K, 9H, QS, 2W, 5K, 8H, JS, AW, 4K, 7H, 10S, KW, 3K, 6H, 9S, QW, 2K, 5H, 8S, JW... (bawah)
Keterangan : K = Keriting, H = Hati, S = Sekop, W = Wajik.
Untuk mempermudah dan mempersingkat waktu dalam penyusunan Si Stebbins stack, saya menyarankan Anda untuk terlebih dahulu memisahkan 13 kartu dari masing – masing simbol. Keriting, Hati, Sekop, dan Wajik. Kemudian ambil tumpukan keriting dan susun tumpukan Keriting menghadap ke atas (face up) dari BAWAH ke ATAS dimulai dari kartu As s.d. King. Kemudian ambil tumpukan kartu Hati sebagai tumpukan kedua, susun dari BAWAH ke ATAS dengan posisi face up dimulai dari kartu 4, 5, 6, 7, 8, dst.. s.d. 3, letakkan di sebelah kanan tumpukan Keriting. Kartu Sekop sebagai tumpukan ketiga, susun dari BAWAH ke ATAS dengan posisi face up dimulai dari kartu 7, 8, 9, 10, J, Q, dst.. s.d. 6, letakkan di sebelah kanan kartu Hati. Terakhir kartu Wajik sebagai tumpukan keempat, dan letakkan di sebelah kanan kartu Sekop. Susun dari BAWAH ke ATAS dengan posisi face up dimulai dari kartu 10, J, Q, K, As, 2, dst... s.d. 9. 




Setelah tersusun 4 tumpukan, Keriting, Hati, Sekop, dan Wajik dengan posisi face up. Anda ambil satu per satu di mulai dari kartu teratas dari tumpukan keriting, kemudian hati, sekop, dan wajik kemudian kembali lagi ke tumpukan keriting, hati, dst... secara berurutan, dan buatlah satu tumpukan baru dari bawah ke atas dengan posisi face up. Setelah semua kartu habis, masukkan tumpukan ke dalam box, dan Si Stebbins Stack Anda siap untuk dimainkan. 

Jika Anda telah mengerti dan paham apa itu Si Stebbins Stack dan bagaimana cara kerja dari Si Stebbins Stack, maka Anda telah siap untuk mempelajari berbagai macam variasi trik dengan menggunakan Si Stebbins Stack. Pada artikel selanjutnya, saya akan mengajarkan kepada Anda beberapa variasi trik dari Si Stebbins Stack. Anda juga bisa mempelajari beberapa trik Si Stebbins Stack yang sudah pernah saya posting di alamat berikut : 
http://www.blogger.com/2013/02/trik-kartu-super-memory-again.html
http://www.blogger.com/2012/06/trik-kartu-convergence.html

Jika Anda ingin bertanya mengenai artikel di atas atau bertanya seputar dunia sulap, Anda bisa menghubungi saya melalui facebook atau twitter saya @bagasmagic.

Dapatkan Trik Sulap Gratis Berikut ini :

0 comments:

Post a Comment