Tuesday, December 17, 2013

Facebook Tak Lagi Batasi Privasi Remaja

Penderitaan yang dialami oleh pengguna Facebook dengan usia di bawah 18 tahun selama ini adalah tidak bisa membuat post dengan privasi terbuka. Namun, kini penderitaan tersebut coba dihilangkan Facebook lewat kebijakan barunya.

Facebook Tak Lagi Batasi Privasi Remaja

Seperti yang dilansir The Verge (16/10), baru saja sebuah pengumuman dibuat Facebook terkait kebijakannya terhadap pengguna di bawah umur. Kini, pengguna tersebut bisa membuat post dan mempublikasikannya secara bebas.

"Meskipun nantinya hanya sedikit remaja yang mau postingannya dilihat umum, namun setidaknya pilihan ini memberikan kesempatan mereka untuk menyebarkan pendapat secara luas, seperti yang ada di jejaring sosial lainnya," tulis Facebook dalam blog resminya.

Memang, dalam urusan privasi pengguna di bawah umur, Facebook memilih lebih berhati-hati. Tak seperti Twitter ataupun Instagram, pengguna di bawah 18 tahun tak bisa leluasa menggunakan jejaring sosial ini karena adanya batasan tersebut.

Dengan membolehkan remaja membuat post dengan publikasi untuk umum sendiri kemungkinan akan dimanfaatkan Facebook untuk menyasar iklan mana saja yang pas untuk mereka. Remaja memang diyakini merupakan pusatnya tren sehingga bisa diketahui apa saja yang sedang digandrungi di dunia saat ini.

Namun begitu, hal ini juga mengorbankan keamanan remaja sendiri sebagai pengguna Facebook. Patut diketahui, banyak remaja di seluruh dunia menjadi korban kejahatan tiap harinya karena privasinya di Facebook tidak terjaga dengan baik.

0 comments:

Post a Comment